BERITA BOLA

Valeron Tidak Takut dengan Tiga Raksasa Asia

Jepang, Tiongkok, dan Arab Saudi merupakan raksasa Asia, tapi hal itu tak membuat Valeron gentar.

Muhammad Valeron mewaspadai persaingan Grup D Piala Asia U16 2020 di Bahrain, November mendatang. Namun, ia tak merasa takut kendati Indonesia U16 terbilang berada di grup neraka dengan dikelilingi tiga raksasa Asia: Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.

Indonesia merupakan satu-satunya tim di Grup D yang belum pernah merasakan gelar juara Piala Asia U16 (Jepang tiga kali, Tiongkok dua kali, Arab Saudi sekali). Meski demikian, Valeron tak gentar.

“Saya pribadi tentunya mewaspadai semua pesaing meski pun bukan berarti kami takut, karena waspada bukan berarti takut,” ujar pemain Persib Bandung itu seperti yang dikutip Goal.

“Ada Jepang sebagai juara bertahan, Tiongkok, dan kemudian Arab Saudi. Saya rasa termasuk kami, Indonesia, punya peluang yang sama karena ini adalah level youth,” tuturnya menambahkan.

Valeron percaya kekuatan Indonesia tidak kalah dengan tiga negara tersebut. Bukan hal yang berlebihan, mengingat ia merasakan langsung cara Tiongkok bermain ketika bertemu dalam babak kualifikasi di Jakarta beberapa bulan lalu.

“Jadi, semua kesebelasan di level youth memiliki peluang yang merata. Jepang memang juara bertahan tapi perlu diingat, skuad mereka tidak mungkin seratus persen sama. Begitupun kami, Tiongkok, dan Arab Saudi,” ucapnya.

“Semua tim yang ada di grup kami punya peluang merata untuk dikalahkan dan saling mengalahkan. Jangan tanya kami optimistis atau tidak, sebab semua pesepakbola Indonesia ketika ditanya itu pasti selalu optimistis,” tutur Valeron.

Seperti diketahui, Indonesia lolos ke Piala Asia U16 dengan status runner-up terbaik mewakili Grup G yang digelar di Jakarta, Indonesia. Skuat Garuda Muda mengalahkan Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepulauan Mariana Utara.

Total 10 poin yang dihasilkan anak asuh Bima Sakti pada babak kualifikasi sudah cukup untuk mengamankan tiket ke Bahrain. Mereka hanya kalah produktivitas gol dari Tiongkok yang menjadi juara grup, setelah laga antara keduanya berakhir imbang tanpa gol.

Pada laga pembuka Piala Asia U16 nanti, Indonesia U16 akan menghadapi Arab Saudi. Laga tersebut dilangsungkan pada Jumat (27/11/2020). Selang tiga hari, Indonesia akan kembali berhadapan dengan Tiongkok.

Sementara itu, untuk pertandingan pamungkas Grup D, Indonesia U16 bakal berduel kontra Jepang. Tim berjuluk “Samurai Biru” itu sah untuk dilabeli lawan terberat Indonesia sebab statusnya sebagai juara bertahan.

Piala Asia U16 merupakan ajang bergengsi karena turut memperebutkan tiket Piala Dunia U17 2021 yang akan digelar di Peru. Sebagai informasi, empat tim yang mencapai semifinal berhak tampil ke Piala Dunia. Posisi itulah yang coba dikejar Indonesia U16.