Tottenham Terpapar Virus Corona
BERITA BOLA

Tottenham Terpapar Virus Corona

Tottenham Hotspur mengonfirmasi bahwa salah satu anggotanya dinyatakan positif terpapar virus corona. Hasil tersebut diketahui setelah The Lilywhites menjalani tes virus corona gelombang kelima. Tes COVID-19 tersebut dilakukan Premier League pada Senin (1/6) dan Selasa (2/6). Ada 1.197 pemain dan staf tim yang mengikuti tes medis tersebut.

Ditemukannya satu anggota Tottenham yang mengidap virus corona pun menambah jumlah keseluruhan menjadi 13 orang positif. Ya, dalam empat gelombang tes sebelumnya sudah didapati 12 kasus positif. Secara keseluruhan, sejauh ini juga telah dilakukan 5.079 tes COVID-19.

Tes tersebut juga akan terus dilakukan dua kali dalam sepekan. Khususnya, dengan adanya kesepakatan liga Inggris musim 2019/20 diatur akan kembali bergulir pada 17 Juni.

“Premier League sudah menginformasikan bahwa didapati satu hasil positif COVID-19 setelah menjalani tes terbaru di pusat pelatihan kami. Nama individu tidak akan diungkapkan,” tulis pernyataan resmi laman Tottenham.

“Individu tersebut tidak mengalami gejala dan sekarang akan diisolasi mandiri selama tujuh hari. Sesuai dengan protokol Premier League sebelum menjalani pengujian lebih lanjut.”

Tottenham juga memastikan akan secara ketat tetap mematuhi protokol kesehatan di pusat latihan klub. Tentunya, guna memastikan fasilitas tersebut tetap menjadi lingkungan aman dan bebas dari virus.

Laga Persahabatan

Awal pekan ini, Premier League juga sudah membuat langkah maju lainnya dalam upaya mengembalikan kompetisi. Klub-klub kasta teratas Liga Inggris diizinkan untuk mengadakan pertandingan persahabatan sebagai bagian dari persiapan sebelum kembali memainkan partai kompetitif.

Laga uji coba itu dapat dihelat di stadion masing-masing klub maupun lapangan tempat latihan. Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Seperti dikutip dari Sky Sports, klub-klub Premier League diizinkan untuk bertandang ke klub lain dengan jarak 90 menit perjalanan dari pusat latihan.

Namun, ada pengecualian buat Newcastle United dan Norwich City. Kedua klub tersebut diperbolehkan bertandang lebih jauh dari 90 menit perjalanan.

Semua anggota tim juga diharuskan melakukan perjalanan dengan mobil pribadi masing-masing dan langsung mengenakan seragam yang akan digunakan sendiri.

Akan tetapi, laga persahabatan tersebut saat ini belum bisa melibatkan wasit dan asisten wasit profesional. Pasalnya, mereka belum menjalani tes COVID-19. Jadi, paling memungkinkan hanya staf tim yang bisa menjadi wasit laga persahabatan tersebut.