Tanggal Sementara Kembalinya Piala FA 2019/20
BERITA BOLA

Tanggal Sementara Kembalinya Piala FA 2019/20

Meski masih bersifat sementara, panggung Piala FA sudah dijadwalkan kembali dimainkan mulai 27-28 Juni. Sejauh ini turnamen sepak bola tertua di muka bumi tersebut sudah mencapai putaran keenam atau babak perempat final.

Tak hanya pertandingan perempat final, ancang-ancang guna memainkan fase semifinal dan final pun sudah ditentukan. Di mana partai empat besar diharapkan tidak mengalami perubahan dan digelar pada 11-12 Juli. Laga final juga ditetapkan akan mentas pada akhir pekan, yakni Sabtu (1/8).

Belum dapat dikonfirmasi di mana dan jam berapa laga dua fase terakhir tersebut bakal dimainkan. Namun, sejak 2007/08, pertandingan semifinal dan final berlangsung di Stadion Wembley. Penetapan tanggal sementara itu disepakati setelah mendapat dukungan dari Premier League dan semua klub, terutama yang masih terlibat, Jumat (29/5).

“Kami senang bisa menyetujui tanggal sementara untuk digulirkannya lagi Piala FA 2019/20. Kompetisi ini telah menjadi bagian penting dari kalender sepak bola Inggris selama hampir 150 tahun,” kata CEO FA, Mark Bullingham dikutip dari Sky Sports.

“Sungguh, ini adalah masa sulit bagi banyak orang. Meski ini adalah langkah positif, tanggal tersebut tetap bergantung pada pertimbangan keselamatan semua yang terlibat. Kesehatan dan kesejahteraan pemain, staf, dan suporter tetap menjadi prioritas kami,” ujarnya.

Sebelumnya, ajang tertua di Inggris tersebut dijadwalkan memainkan partai perempat final pada 21 Maret lalu. Namun, terjangan pandemi virus corona membuat Piala FA ikut ditangguhkan.

Delapan tim yang masih berpeluang memenangi trofi Piala FA hanya melibatkan klub Premier League. Yakni laga antara Leicester vs Chelsea, Newcastle United vs Manchester City, Sheffield United vs Arsenal, dan Norwich City vs Manchester United.

Dicanangkannya kembali Piala FA tidak lepas dari keputusan disiapkan lagi kompetisi Premier League musim ini. Kamis (28/5), Premier League, perwakilan klub, dan sejumlah pihak terkait telah mengatur kembali untuk melanjutkan pertandingan mulai 17 Juni.

Jika tidak ada hambatan, kembalinya Premier League akan ditandai dengan dimainkan dua pertandingan tunda pekan ke-28. Yaitu laga antara Manchester City vs Arsenal dan Aston Villa vs Sheffield United, yang akan dimainkan pada 17 Juni. Selanjutnya, semua laga pekan ke-30 bakal dipentaskan pada 19 hingga 21 Juni 2020.