BERITA BOLA

Shin Tae-yong Tegas dan Ketat untuk Urusan Makanan

Asupan makanan secara ketat dikontrol oleh Pelatih Kepala merangkap manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sang arsitek selalu mengawasi apa saja makanan yang dikonsumsi para pemain tim Indonesia U19.

Asisten pelatih, Nova Arianto, mengatakan bahwa Tae-yong memang tidak mau pemainnya asal makan. Sebagai pelatih, Tae-yong terbilang ketat dalam urusan asupan gizi karena hal ini bakal berimbas kepada fisik dan permainan tim di lapangan.

“Coach Shin mengontrol menu asupan pemain dan mereka (pemain) diminta untuk mengirim foto apa saja yang dimakan dari pagi, siang, dan malam,” ujar Nova Arianto kepada SuperSoccer, Sabtu (6/6/2020).

“Akan ada evaluasi juga dari coach Shin. Dia benar-benar peduli soal masalah menu makanan pemain,” jelas Nova yang juga terkenal dengan julukan ‘Si Suster Ngesot’ saat masih membela Persib Bandung era 2000-an tersebut.

Nova juga menambahkan bahwa Tae-yong sangat serius dengan masalah makanan. Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu sudah secara tegas mengimbau para pemain timnas untuk menghindari makanan yang berlemak, terutama gorengan.

Tapi tidak hanya makanan saja yang menjadi perhatian Tae-yong. Latihan yang digelar secara virtula dan waktu istirahat pemain juga tidak lepas dari pantauan sang pelatih. Secara detail, Tae-yong mengawasai “pergerakan” para pemainnya.

“Perkembangan latihan semakin baik dan coach Shin Tae-yong mempersiapkan tim secara detail. Terkait menu latihan, saat ini bervariasi dari menu ringan, sedang hingga tinggi,” tutur Nova.

Tim Indonesia U19 saat ini tengah menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) secara virtual yang berlangsung sejak 14 Mei 2020. TC itu dipimpin langsung oleh Shin Tae-Yong yang kini berada di Korea Selatan.

Persiapan ketat yang diberikan Shin Tae-yong sebagai persiapan Indonesia U19 menuju Piala Asia U19 2020. Turnamen sepak bola usia muda level Asia itu digelar di Uzbekistan, 14-31 Oktober.