BERITA BOLA

Rahasia Umpan Akurat Evan Dimas

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, mengungkapkan bagaimana dirinya bisa membuat umpan akurat. Bukan rahasia lagi memang, bahwa Evan Dimas memiliki umpan yang tergolong matang, dan bahkan tendangan yang mematikan.

Dalam laga, Evan juga berperan sebagai pengatur permainanan. Ia cukup lihai bermain sebagai gelandang bertahan dan juga pandai dalam membangun dan mengeksekusi serangan. Saat melakuakan serangan itulah, umpan Evan terbilang memanjakan para penyerang.

Pemain yang kini membela Persija Jakarta iitui membeberkan rahasia menjalankan perannya sebagai pembagi bola yang baik. Menurut Evan, keyakinan ketika mengirim umpan menjadi kunci penting dari seorang gelandang.

“Rahasianya adalah keyakinan. Saat kita mau memberi umpan meskipun akurasinya bagus tapi kalau kita pesimistis tidak akan berhasil,” kata Evan Dimas dikutip dari laman resmi klubnya.

Ada latihan khusus yang dilakukan Evan. Pemain asal Surabaya, Jawa Timur, ini mengaku rutin melatih engkelnya. Hal tersebut ternyata memengaruhi kekuatan pada kaki dan faktor pendukung lainnya.

“Selain itu kita harus punya engkel kuat yang kita dapatkan dengan latihan rutin. Kalau saya berlatih memakai karet agar engkel saya kuat,” imbuh pemain yang pernah membela Selangor (Malaysia) dan Bhayangkara FC itu.

Seperti diketahui, Evan merupakan andalan Timnas Indonesia sejak memperkuat Indonesia U19 asuhan Indra Sjafri. Prestasi Evan di timnas dibuka pada Piala AFF U19 2013.

Pada masa itu, Evan bersama kawan-kawan mampu meraih gelar juara setelah mengalahkan Vietnam di partai puncak. Tidak hanya gelar juara, Evan juga meraih gelar pencetak gol terbanyak turnamen dengan torehan lima gol.

Pemain identik dengan nomor 6 ini menjalankan debutnya di timnas senior pada 11 November 2014 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Evan turun sebagai starter ketika berhadapan dengan Timor Leste. Pada debutnya, Evan mencetak satu gol dan bermain selama 64 menit sebelum digantikan Samsul Arif.