BERITA BOLA

FIFA Minta PSSI Benahi Stadion untuk Piala Dunia U20 2021

FIFA menyambut baik laporan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), khususnya terkait persiapan perhelatan akbar Piala Dunia U20. Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah dan jika tak ada aral melintang ajang tersebut akan digelar pada 2021.

Respon positif FIFA tersebut diutarakan pelaksana Sekteraris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

Yunus Nusi, seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Selasa (12/5) menyatakan bahwa pihaknya belum lama ini melakukan pertemuan virtual dengan FIFA. Meeting itu sendiri dilansungkan pada Senin (11/5).

Menurut Yunus Nusi, PSSI secara gamblang melaporkan perkembangan situasi dan kondisi persepakbolaan di tanah air. Termasuk persiapan Piala Dunia U20 2021.

“Kami mengirimkan update dan melaporkan perkembangan situasi terkini di Indonesia kepada FIFA. Dan FIFA menyambut baik tentang laporan kami, selanjutnya mereka akan terus melakukan korespondensi dan meeting bersama PSSI terkait persiapan Piala Dunia (U20),” kata suksesor Ratu Tisha Destria itu.

Selain Yunus Nusi, rapat jarak jauh yang berdurasi dua jam tersebut juga dihadiri wakil sekjen, Maaike Ira Puspita. Sementara itu, dari FIFA dihadiri perwakilannya seperti Roberto Grassi (Head of Youth Tournament), Christian Schmolzer (Men’s Tournament Manager), dan Gian Keller (Youth Tournament Coordinator).

Mengenai stadion yang akan dipakai, FIFA menginventaris enam stadion. Hanya saja, Yunus Nusi tak menjelaskan secara rinci keenam stadion tersebut. FIFA memaklumi jika pemerintah Indonesia saat ini sedang disibukkan dengan pandemi virus corona (COVID-19). FIFA berharap agar pembangunan stadion selalu dimonitor dan dikerjakan secara maksimal.

“PSSI akan segera menyempurnakan struktur kepanitiaan untuk dilaporkan kepada FIFA, agar mempermudah jalur korespondensi dan koordinasi demi persiapan Piala Dunia U20 2021. Ketua Umum PSSI juga telah mengarahkan kami agar segera melaporkan ke kementerian terkait tentang hasil meeting FIFA dan PSSI yang baru saja dilaksanakan,” kata Yunus Nusi.

“Ketua Umum PSSI juga telah mengarahkan kami agar segera melaporkan ke kementerian terkait tentang hasil pertemuan FIFA dengan PSSI yang baru saja dilaksanakan,” ujarnya, menambahkan.

Sedikitnya ada 11 calon venue Piala Dunia U20 2021. Kesebelas stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).