BERITA BOLA

Empat Rekor yang Bisa Dipecahkan Liverpool

Premier League musim 2019/20 dipastikan akan kembali bergulir mulai 17 Juni. Kelanjutan tersebut tentu akan sangat dinantikan Liverpool. Betapa tidak, skuad besutan Juergen Klopp hanya butuh dua kemenangan tambahan untuk bisa mengakhiri penantian selama 30 tahun dengan mengunci gelar juara.

The Reds saat ini berada di puncak klasemen dengan raihan 82 poin. Mereka sudah unggul 25 poin atas pesaing terdekat, Manchester City. Bahkan, apabila Man. City mengalami kekalahan di partai tunda melawan Arsenal, Liverpool bisa langsung menjadi kampiun. Namun, mereka tentu wajib menuai tiga poin atas rival sekota, Everton, di laga Derbi Merseyside.

Walau begitu, Mohamed Salah dkk. juga masih berpeluang menciptakan sederet rekor di Premier League. Dua di antaranya telah berhasil mereka pecahkan, yakni tim dengan keunggulan poin terbesar di klasemen (25 poin) dan tim dengan catatan kemenangan beruntun terbanyak di kandang dalam sejarah (22 kali).

The Reds juga masih bisa menciptakan empat rekor lagi musim ini. Namun, dibutuhkan konsistensi performa impresif untuk meraihnya, sekalipun sudah berhasil mengamankan gelar. Klopp pun sudah memastikan anak asuhnya bakal tetap tampil ngotot di sisa laga musim ini.

“Kami belum menjadi juara. Kami masih harus memainkan pertandingan dan memenanginya. Kami tak ingin berhenti menang setelah dua laga. Hasil tidak didapat dengan sendirinya, kami masih harus kerja keras,” lanjutnya.

Berikut empat rekor yang berpotensi dipecahkan Liverpool musim ini:

1. Poin Terbanyak Semusim

Rekor poin terbanyak dalam sejarah Premier League saat ini masih dipegang Manchester City. The Citizens mampu mengemas 100 poin saat menjadi kampiun pada musim 2017/18.

Kini, dengan raihan 82 poin, Liverpool masih punya kans memecahkan rekor tersebut. Ya, dengan sembilan laga yang belum dimainkan, skuad yang bermarkas di Stadion Anfield maksimal bisa mendulang 109 poin. Kendati demikian, mereka setidaknya hanya perlu memenangi 7 di antaranya agar dapat melewati torehan 100 poin.

2. Kemenangan Terbanyak Semusim

Rekor kemenangan terbanyak musim ini juga masih menjadi milik Man. City dengan total catatan berupa 32 kemenangan. Pencapaian tersebut bahkan dua kali ditorehkan mereka pada musim 2017/18 dan 2018/19.

Musim ini, The Reds sudah mencatatkan 27 kemenangan dari 29 laga yang sudah dimainkan. Dua laga lain berakhir dengan kekalahan dan imbang.

Berarti, mereka masih perlu setidaknya memenangi enam laga dari sembilan laga tersisa jika ingin memecahkan rekor Man. City. Apabila mampu menyapu bersih semua kemenangan, mereka berarti membuat standar baru yang akan sangat sulit dipecahkan, yakni 36 kemenangan dalam semusim.

3. Kemenangan Kandang Terbanyak Semusim

Dalam satu musim setiap tim pasti akan mendapat kesempatan sebanyak 19 kali untuk bermain sebagai tuan rumah. Dengan kata lain separuh dari total pertandingan yang akan dilakoni dalam semusim.

Musim ini, Liverpool masih berpeluang membuat kesempurnaan tersebut lantaran selalu mampu menciptakan kemenangan dalam 15 pertandingan kandang musim ini. Dalam sejarah, belum ada klub yang sanggup memenangi semua laga kandang dalam semusim.

Namun, rekor kemenangan kandang terbanyak sejauh ini ada di angka 18 kemenangan kandang. Bahkan, sudah empat kali diulang dan ketiga klub yang menciptakannya, yakni Chelsea (2005/06), Manchester United (2010/11), dan Man. City (2011/12, 2018/19).

Musim ini, The Reds masih perlu memenangi empat laga tersisa di Anfield. Mereka juga dijadwalkan akan melawan Crystal Palace, Aston Villa, Burnley, dan Chelsea.

4. Kemenangan Tandang Terbanyak Semusim

Meski telah mengalami satu kekalahan dan sekali imbang di laga tandang, Liverpool masih punya kans memecahkan rekor kemenangan di luar Anfield. Akan tetapi, Sadio Mane cs. wajib memenangi lima partai tandang tersisa musim ini.

Ya, musim ini mereka sudah menorehkan 12 kemenangan tandang di Premier League. Sementara itu, rekor tersebut masih menjadi milik Man. City dengan 16 kemenangan yang diciptakan pada musim 2017/18.