Daftar Markas Tim Peserta EURO 2020
BERITA BOLA

Daftar Markas Tim Peserta EURO 2020

Dari 12 negara yang telah ditunjuk UEFA untuk menjadi tuan rumah, tidak semua menjadikan ibu kota sebagai tempat berlangsungnya pertandingan. Itu dilakukan oleh Spanyol (Bilbao), Jerman (Muenchen), dan Rusia (Saint Petersburg) saat bertindak menjadi tuan rumah nanti. Sementara itu Belanda, Azerbaijan, Rumania, Hungaria, Denmark, Republik Irlandia, Skotlandia, Inggris, dan Italia, tetap memilih ibu kota masing-masing sebagai tempat berlangsungnya EURO 2020.

Dengan gelaran EURO 2020 akan digelar di 12 negara berbeda. Persiapan yang dilakukan para peserta tentu agak berbeda dibandingkan edisi-edisi sebelumnya. Seluruh peserta tidak perlu datang ke satu negara tertentu. Sebagai gantinya, ada yang menjadikan negara terdekat dari tuan rumah sebagai markas, dan ada pula yang tetap memilih berangkat pulang-pergi dari negara asal karena faktor geografis.

Seperti yang dilakukan tim-tim Grup C contohnya. Negara yang bertindak sebagai tuan rumah di grup ini adalah Belanda. Namun, dua tim lain yakni Austria dan Ukraina, memutuskan untuk tetap bermarkas di negara masing-masing.

Kondisi yang berbeda dilakukan para peserta Grup D. Inggris akan bertindak sebagai tuan rumah dan sudah memutuskan Burton upon Trent sebagai tempat Jadon Sancho dkk. melakukan pemusatan latihan. Sedangkan Kroasia dan Ceko, menariknya tidak tinggal di Inggris atau pun negara masing-masing, melainkan di Skotlandia. Bedanya Kroasia di St Andrews, Ceko di Edinburgh.

Grup dengan dua tuan rumah adalah Grup F. UEFA menunjuk Muenchen (Jerman) dan Budapest (Hungaria). Prancis yang tergabung ke dalam grup ini memilih Clairefontaine-en Yvelines. Wilayah yang kerap mereka jadikan sebagai markas jelang turnamen-turnamen besar. Jerman sebagai tuan rumah, memilih wilayah Herzogenaurach untuk mempersiapkan diri. Berbeda dengan Portugal yang justru akan bermukim di Budapest, Hungaria. Satu slot kontestan lagi masih harus ditentukan lewat play-off, akhir Maret 2020.

Berikut daftar negara peserta EURO 2020 dan tempat pemusatan latihan mereka selama turnamen:

Grup A
Italia (Roma)
Swiss (Roma)
Turki (Baku, Azerbaijan)
Wales (Baku, Azerbaijan)

Grup B
Belgia (Tubize)
Denmark (Kopenhagen)
Finlandia (Repino, Rusia)
Rusia (Moskow)

Grup C
Austria (Seefeld, Austria)
Belanda (Zeist, Belanda)
Ukraina (Bukares, Romania)
Pemenang play-off jalur D

Grup D
Kroasia (St. Andrews, Skotlandia)
Ceko (Edinburgh, Skotlandia)
Inggris (Burton upon Trent, Inggris)
Pemenang play-off jalur C

Grup E
Polandia (Portmarnock, Dublin, Rep. Irlandia)
Spanyol (Madrid)
Swedia (Maynooth, Rep. Irlandia)
Pemenang play-off jalur B

Grup F
Prancis (Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis)
Portugal (Budapest, Hungaria)
Jerman (Herzogenaurach, Jerman)
Pemenang play-off jalur A*

*Pemenang play-off jalur A akan masuk Grup F dan pemenang play-off jalur D masuk ke Grup C. Jika Romania lolos dari play-off jalur A, mereka akan masuk ke Grup C dan pemenang play-off jalur D akan ditukar dengan salah satu peserta di Grup F.